Cerita Nita

Saturday, April 25, 2009

Hidup itu ”Majuuuuuu jalan!”

Udah beberapa hari ini gw susah tidur. Akibatnya badan gw yang udah gak karu-karuan ini makin kacau aja. Udah lagi capek-capeknya, banyak kerjaan, rapat hampir tiap hari, masa pake acara insomnia segala. Ih... Gw cuma kuatir aja sama kondisi kesehatan gw. Takutnya drop disaat-saat yang penting. Gw gak bilang kalo sekarang lagi masa-masa gak penting lho. Tapi bulan Mei dan Juni gw akan menghadapi beberapa ujian. Mulai dari tes S3 untuk fisika, bahasa Rusia, pra-sidang, dan yang paling penting adalah sidang tesis. Gak boleh enggak, gw harus bisa melalui semua dengan hasil yang baik. Apalagi ujian yang terakhir gw sebut, dampaknya parah abis kalo sampe hasilnya gak sesuai keinginan. Bonyok gw dah beli tiket buat dateng ke wisudaan gw 26 Juni nanti gitu lho.

Kalo lagi kayak gini, bawaannya ngeluh mulu. Berasa jadi orang paling ribet di dunia. Pengen banget bisa cepet-cepet mengakhiri keruwetan yang lagi dialami. Tapi untunglah gak pengen mengakhiri hidup :-D Parahnya gw, control diri gw jadi menurun. Ini yang paling gw gak suka. Kayaknya bukan gw banget. Dan yang TER gw gak suka adalah gw merasa jadi orang yang gak bersyukur. Dalam kondisi seperti inilah gw sebetulnya perlu orang untuk menasihati gw, supaya gw tetep di jalan yang lurus, yakni jalan yang di ridhoi Allah SWT, Amin...(lho, qo jadi ceramah?! Mana gw gak ngerti maksud gw apa,huehehehe). Tapi gw emang perlu orang untuk menasihati gw. Minimal ada kata-kata yang menyentuh hati gw, yang menguatkan diri gw. Nah, teringatlah gw akan masa kecil bersama sepupu-sepupu gw di Malang, yang hubungannya udah kayak sodara kandung aja. Maklum lah, keluarga besar di Malang kan emang mengkondisikan seperti itu. Kalo ada masalah berat, gw tinggal cerita aja. Kalo terjadi sesuatu yang susah, tinggal bilang aja. Dipastikan muncul kalimat-kalimat yang bisa menenangkan diri gw.

Dan...itulah masalah kenapa gw gak bisa tidur akhir-akhir ini. Gw keingetan dengan sepupu-sepupu gw dan keadaan mereka sekarang. Mereka ini gak hidup susah, mereka ini gak lagi dalam masalah super duper berat. Bahkan sebaliknya, mereka hidup bahagia, mereka sudah maju 1 langkah dalam hidupnya. Dari semua cucu dengan umur sepantaran gw, hanya menyisakan gw dan seorang sepupu cowok yang biasa gw panggil mas V yang belum melangkah ke “tahapan” selanjutnya. Tapi mas V dipastikan menyusul sepupu-sepupu yang lain dalam waktu dekat. Praktis menyisakan gw sendiri kalo gw gak buru-buru menyusul seperti mas V. Hua....mengenaskan sekali yah. Dan gw ternyata baru menyadari akhir-akhir ini. That’s why gak bisa tidur. Oh, no...

3 tahun yang lalu (red: 2006) adalah terakhir kali gw pergi ke kota yang sangat gw cintai walau gw gak lahir disana. Yup, Malang adalah salah satu tempat favorit gw. Alasan utama gw adalah BANYAK SODARA. Status sebagai anak tunggal ternyata bikin gw kangen abis sama suasana bersaudara. So, mau kemana-mana tinggal bilang ma seseorang diantara mereka aja, pasti langsung jalan. Mau nongkrong di tempat jagung bakar, hayuksss. Mau cari nasi pecel buat sarapan, okehhh. Cuma kalo diajakin nangkring di pager aja mereka pada nolak. Ya iye lah, burung apa??? Huehehehehe. Itu kisah yang terjadi sampai dengan 3 tahun yang lalu.

Dalam hitungan bulan, gw akan berada kembali di kota yang terkenal ma apelnya itu. (gw malah gak pernah makan apel kalo lagi di sana. Tapi kalo melototin cowok yang reseh sambil ngomong APELlo liat-liat, itu siy sering :-D ). Awalnya yang gw rasa tuh seneng banget. Kangen abissss gitu. Tapi, begitu sadar bahwa gw nantinya harus terima dengan keadaan yang udah gak kayak dulu lagi, mendadak gw sedih. Jangan tanya seberapa sedihnya. Untung masih bisa nahan untuk gak nangis. (prinsip orang jawa banget. ”walau lagi susah, selalu ada untungnya”). Gw mikir, kalo gw mo jalan minta anter sapa yah? Kalo gw mo nongkrong ma sapa aja yah? Kalo gw mo cari oleh-oleh buat temen jalan ma sapa yah? Hua...gak kebayang deh ma keadaan kayak gini. Semua udah punya kehidupannya ”masing-masing.” Tentu aja prioritas mereka udah berubah. Dan gw sadar, justru mereka inilah yang langkahnya tepat. Maju 1 langkah dalam hidup.

Dari sini gw sadar, bahwa kita gak bisa terus-terusan minta keadaan tetap, tanpa ada perubahan. Mau gak mau kondisinya akan berubah. Kalo bukan kita, ya sekeliling kita. Suka gak suka kita harus terima dengan yang ada saat ini. Karena itulah yang namanya bersikap realistis. Apalagi kita sadar bahwa perubahan itu awal dari kebahagiaan yang baru. Bahwa perubahan itu membawa kita menuju suatu dunia baru yang lebih baik. Dan sikap terbaik adalah berpikir supaya kita juga berada dalam dunia baru yang membawa kebahagiaan baru tersebut.

So, gw mau bilang, itulah hidup. Ibarat dalam suatu pasukan baris-berbaris, dimana kita tau hanya ada 1 komando, sulit jika kita semua bergerak mundur karena semua orang memiliki kesulitan mengontrol langkahnya masing-masing. Akibatnya pasukan yang tadinya rapi menjadi tak lagi rapi. Jika semua hanya berjalan di tempat, mungkin pasukan akan tetap rapi. Tetapi kapan kita akan sampai pada garis finish? Dengan berjalan ditempat kita tidak akan menemui hal-hal baru yang justru akan memperkaya pasukan tersebut. Maka langkah yang terbaik adalah ”Majuuuuuu jalan!”

0 Comments:

Post a Comment

<< Home