Cerita Nita

Monday, April 27, 2009

My idol


Pagi tadi, HP gw memberikan tanda kalo ada SMS masuk. Dan karena penyakit susah tidur gw masih dengan setianya menempel di malam hari dalam tidur gw (lho?!bisa tidur donk artinya!), ya dengan mudahnya gw kebangun.

"Nit kmrn m'Ika melahirkan anknya cowok, nnt km sms dia ya."
(sender: Mama)

Perasaan gw pertama kali baca tuh SMS adalah bingung. Kog gw gak pernah tau kapan hamilnya, tiba-tiba udah brojol aja. Apa kecanggihan dalam bidang kedokteran udah bisa membuat orang langsung melahirkan tanpa hamil yah? (gubrak...stupid question!). Selanjutnya, gw jadi tau, kenapa udah 1 minggu ini gw selalu keingetan ma sepupu cewek yang punya kesabaran no 2 di keluarga besar ini. (no 1 nya gw, huehehehehe, tetep gak mo kalah). Ups, kebalik deh, yang ada dia no 1, gw no ... (yang jelas bukan peringkat 5 besar lah. Orang gw kalo ada apa-apa "hajar bleh!!!" :-D ). Ini beneran, gw keingetan mulu ma dia. Selalu pengen SMS. Tapi cuma selalu pengen. Jadi gak ada realisasinya. GPP lah, niat aja kan udah dapet 1 pahala :-D (Hueks...terusin aja Nyit!). Kebayang deh wajah manis berjilbabnya sepupu yang selalu gw panggil mbak walaupun lebih muda 363 hari dari gw itu. Wah, keren, udah punya anak. Asik...asik...ada yang bakal manggil gw "tante muda Nyit2 yang ceria selalu" deh *cengar-cengir bikin orang mau muntah*. Tapi, gak lama kemudian, tiba-tiba gw keingetan ma bonyok gw yang ceria selalu walau tidak semuda gw. (ini maksudnya apa yah?! :-D).

Kedekatan gw dan bonyok tuh udah lama banget. Tepatnya semenjak gw dilahirkan oleh nyokap. Dan langsung bokap mengumandangkan adzan di kuping kanan gw, dan iqomat di kuping kiri gw. Itu kata cerita mereka. Jgn tanya gw bener apa gaknya. Ya mana gw tau lah... *gaya cuek tanpa dosa* (bener-bener minta dijitak si Nyit2 ini). Huehehehehe, serius tapi, hubungan gw and bonyok tuh deket banget. Susah senang selalu bersama. Apapun yang terjadi antara kami bertiga, itu adalah tanggungan bersama. Kemana-mana bertiga. Maksudnya ke ruang tamu bertiga, ke ruang tengah bertiga, ke ruang makan bertiga. Ke kamar mandi bertiga juga??? Ya enggak lah. Kan kamar mandi di rumah gw cuma ada 2. (heh??? *bingung*). Teringat semua yang pernah terjadi dalam keluarga. Bagaimana bonyok berjuang mulai dari bawah sampai bisa punya kehidupan kayak sekarang. Bagaimana mereka mendidik gw supaya gw bisa selalu beradaptasi dengan berbagai kesulitan yang ada. Dan yang jelas, bagaimana sedihnya mereka melepas anak perempuan tunggalnya ini untuk pertama kalinya ke Moscow :-(

Waktu SD, sering banget gw dan temen-temen gantian isi biodata di diary. Tuker-tukeran gitu. Nama, alamat, TTL, hobi, cita-cita, pacar, kata mutiara, kata kenangan, (2 terakhir ini baru gw sadarin sekarang kalo gw gak ngerti itu apa :-D), dll, termasuk salah satunya idola. Nah, namanya anak SD, biasanya yang ditulis di idola tuh artis-artis gitu deh. Uhm...tapi kalo gw, jujur aja agak lupa. Yang gw inget gw nulis sesuai dengan yang cowok gw saat itu tulis. Tapi siapa yah idolanya??? *mikir lama*. Ah...lupa. Waktu SMP, udah gak pernah tuker-tukeran diary lagi. Tapi tetep, kadang ditanya siapa idola kita. Mulai berubah deh, kebanyakan udah bukan artis lagi. Biasanya atlit, tokoh-tokoh nasional/internasional, pahlawan, politikus,dll. Nah, idola gw udah gak sama coz cowok gw juga udah bukan yang waktu SD itu.(heh???) Tapi juga udah bukan siapa yang jadi idola cowok gw. Yang gw tulis sebagai idola adalah siapa yang jadi idolanya idola gw. Waktu itu gw ngefans ma salah satu atlit yang nge-fans ma salah satu menteri gitu :-D Waktu SMA, gw mengalami suatu masa dalam hidup gw yang gw sebut sebagai masa-masa alim. So, kalo ditanya idola, jawabannya Nabi Muhammad. Waktu kuliah, karena kuliah di fisika peminatan fisika nuklir dan partikel, gw mengidolakan salah satu nobelis fisika R.P. Feynmann. Nah, kalo yang terakhir ini, gw masih nge-fans dengan alasan hidupnya sangat manusiawi. Gw udah baca biografinya.

Balik lagi ke soal tadi pagi, ketika semua pikiran gw dipenuhi oleh bonyok gw. dan hubungannya dengan idola adalah...gw tau sekarang bahwa idola gw adalah bonyok gw. Alasannya??? Wuih...buanyakkkkkkk lah pokoknya. Pokoknya kalo bahasa matematikanya tak terhingga. Kalo fisikanya tidak ada batasannya. Kalo biologinya? Maaf, berhubung gw bukan anak biologi, gw tidak berhak untuk menjawab pertanyaan ini. *ngeles dengan gaya sedang diwawancara di televisi*. (Yang mau nge-wawancara gw sapa emang?).Yang jelas mereka adalah orang yang selalu berbuat yang terbaik untuk gw. Selalu bahagia ketika gw bahagia. Ikut sedih kalo gw sedih. Tidak pernah menjerumuskan gw ke hal-hal yang salah. Best of the best lah.

Pertanyaannya sekarang, apa yang bisa gw lakukan untuk membalas apa yang telah mereka lakukan untuk gw? Saat ini yang bisa gw perbuat adalah berusaha membuat mereka bangga kalo punya anak seperti gw. Minimal gak ngecewain kalo emang belum bisa. Berusaha jadi yang terbaik di manapun gw berada. Dan satu hal yang penting juga, menuruti perkataan mereka. Mungkin adakalanya tidak sesuai dengan keinginan kita. Tapi kalo dengan itu kita bisa membuat mereka bahagia, percayalah bahwa kita akan bahagia.

catatan: bagian akhir ini mungkin jadi perdebatan buat beberapa orang. Hal yang harus diketahui adalah setiap orang punya latar belakang yang berbeda-beda. Dan gw punya cerita di masa lalu yang membuat gw pada akhirnya sadar bahwa itulah yang terbaik yang bisa gw lakukan untuk membayar"kesalahan" gw ma bonyok gw. Dan mereka gak perlu tau. Lebih tepatnya tidak perlu tau. Mereka hanya perlu bahagia dengan yang gw buat. I love you, mama&papa :-)

1 Comments:

  • At 9:06 PM, Blogger VLaRa said…

    "Tapi kalo dengan itu kita bisa membuat mereka bahagia, percayalah bahwa kita akan bahagia."

    Hmmm.. utk kasus gw, mgkn gw bukan bahagia krn melihat mereka bahagia, gw udah gak sempet mikir/merasa kesitu. Tapi spt yg lo bilang, gw akan bahagia ... itu bener, gw (akhirnya) bahagia, meski caraNya tak gw sangka.

     

Post a Comment

<< Home