Cerita Nita

Sunday, May 03, 2009

Planeta Yugo-Zapad 2009

1 Mei selalu jadi hari yang gw suka. Karena...LIBUR!!! Hore...Bukan itu juga siy, karena 1 Mei di kampus RUDN yang gw cintai karena gw kuliah di sana, ada perayaan Festival Internasional yang bernama "Planeta Yugo-Zapad," yang terjemahannya Planet barat daya. Dinamakan Planet barat daya karena kita tuh rasanya udah bagaikan di ... planet :-D (glek...emang sekarang kita dmn? Bumi kan planet... *garuk-garuk kepala*). Barat daya karena emang diikuti oleh universitas-universitas yang terletak di barat daya Moscow. Jadi bukan cuma kampus gw doank. Tapi tuan rumah tidak pernah berubah, selalu RUDN.

Ini adalah kali kedua gw dateng ke Planeta Yugo-Zapad. Gak cuma dateng siy, tapi juga berpartisipasi. Merupakan kedua kalinya juga buat gw berwara-wiri dalam kapasitas sebagai presiden Zemlyachestvo Indonesia. Dan di sinilah letak kerepotannya. Apa aja...ntar gw cerita di akhir bagian ini.

Perasaan gw taon ini beda banget ma taon kemaren. Taon ini gw lebih santai, karena Indonesia akan menampilkan sesuatu yang menarik dengan se-simple mungkin. Jadi gak seribet taon kemaren. Tapi bukan berarti gw gak serius lho. Dasarnya gw orangnya bebanan, urusan yang sebetulnya lebih mudah, tetep gw hadapin dengan acara pikiran mumet, nafsu makan menurun, dan gak bisa tidur. (yang terakhir gw sebut, emang itu penyakit gw akhir-akhir ini dan entah kapan sembuhnya).

Pagi gw berangkat dari kamar yang sangat gw cintai walau berantakannya mencerminkan gw yang sedang stress berat (gw gak ngerti apa yang gw tulis :-D ) bersama temen gw yang berinisial B dan R. Dua orang itu dateng ke tempat gw untuk bantu bawa barang-barang yang massanya mungkin lebih besar di banding massa badan gw. Ini mungkin yah, coz gw juga gak nimbang :-D Kita semua pake baju batik, yang jadi dress-code nya Indonesia taon ini. Tapi karena suhunya cuma 9 C, tuh batik ketutup juga sama jaket yang tebel. Gpp lah, daripada sakit. Penjagaan saat itu belum ketat. Semua orang bisa keluar dan masuk dengan bebas. Gw langsung SMS temen-temen gw dari kampus lain yang udah confirm ke gw buat dateng, supaya mereka buru-buru aja. Tapi gak ada yang bisa. Hueks...baru pada bangun!

Gw lumayan bisa jalan-jalan kesana kemari bagai kupu-kupu malam. Ups...salah banget! Gak mungkin lah gw jadi kupu-kupu, apalagi malem. (maksudnya apa yah?!) . Gw kayaknya 3 kali muter-muter di arena pameran yang berupa tenda-tenda kecil, yang terpasang di halaman utama kampus RUDN. Totalnya tahun ini sekitar 126 negara berpartisipasi dalam pameran seni dan budaya. Stand Indonesia sendiri penuh dengan barang-barang, yang emang di jual. Maklum, emang harus cari dana buat kegiatan setahun, jadilah pol-polan usaha.

Jam 15 pembukaan oleh rektor di mulai. Berkelilinglah si tampan mantan menteri pendidikan Rusia yang sekarang menjabat rektor RUDN tersebut. Sekitar jam 16.15 beliau sampe di stand Indonesia. Beliau hanya tanya berapa jumlah student Indo, bilang kalo terlalu sedikit, kasih tau kalo Februari taon depan adalah 50 taon RUDN. Dua yang pertama standart banget, tiap taon begitu mulu kayaknya. Kalo yang terakhir, itu siy kita juga udah tau, tapi lumayanlah, biar gak garing juga. Tuh rektor juga bingung kali yah harus tanya ke 126 peserta apaan. Pelajaran berharga untuk para rektor, rajin-rajinlah buat pertanyaan selepas jam makan siang. (ini gw asal nulis :-D ).

Setelah rektor lewat, giliran gw dan 6 orang mhs Indo panik buat kostum-ing. Kita mau tampil!!! huehehehe, bagian ini adalah tanggungjawab gw. Jadilah gw paling cerewet. Untung temen-temen gw mandiri. Plus dibantu pelatih tari yang gilanya sok-sok mau nyaingin gw :-D *pasang ekspresi gak rela punya saingan*. Sempet latihan 1 kali biar gak kagok-kagok amat, make-up minimalis (cuma bedak, blush-on, lipstik), berdoa dalam kesatuan tekad mengharumkan nama Indonesia di kampus RUDN (berlebihan gak yah???) siaplah kita semua dalam waktu 30 menit. Pas mendekat ke panggung, dikasih tau sama panitia kalo kita tampil setelah 3 penampil lagi. Ya udah, daripada kedinginan, masuk lagi deh ke dalam gedung. Dingin boooo. Males aja kalo masuk angin setelah tampil. Pas giliran Indonesia tampil, kita semua tau satu sama lain, kalo semua orang bikin salah di panggung. Huehehehehe... Tapi kita semua tampil santai. Bawain tari "globalisasi jathilan" yang di rubah menjadi perpaduan kuda lumping dan reog ponorogo, bisa dibilang kita sukses. Dan gw sendiri cukup puas dengan hasil latihan 1 bulan. Terima kasih pelatih kami yang gilanya sok-sok mau nyaingin gw :-D Temen-temen gw banyak yang comment kalo penampilan Indonesia oke banget. Yang jelas, gw jadi beken gara-gara nari itu. Salah satu bukti adalah hari ini gw diselamatin ma temen-temen asrama yang sebelumnya gak pernah negur gw. Mereka bilang mereka suka tariannya. Gw tau, ini pasti karena kuda lumpingnya :-D

Selesai tampil, kita gak langsung ganti baju, karena mau foto-foto depan stand Indonesia. Gak taunya banyak yang pgn foto bareng. huehehehehe...jadi artis! Baru deh setelah itu para penari ganti baju, rundingan sebentar ma tim pameran tentang kelanjutan acara kita hari itu, dan pulang deh gw dengan 4 orang penguntil. (red: penari-penari yang bantuin gw bawa kostum). Acara tim Indonesia diakhiri dengan rapat evaluasi. Selesai lah tugas kita hari itu. Yes! :-D
Sesuai janji gw, gw mau cerita tentang "kekurangan" Planeta Yugo-zapad taon ini, terutama kekurangan gw sebagai manusia biasa yang penuh dosa ini. *aksi mengheningkan cipta*Dua tahun berturut-turut, Planeta Yugo-zapad ternoda dengan keributan antarnegara. Ini menyebabkan acara berakhir sebelum waktunya. Untuk itulah, taon ini dibikin kebijakan pengunjung masuk dengan ticket. Indonesia sendiri cuma dapet jatah 15. Nyebelin! Tapi bisa apa gw. Bukan miss RUDN, jadi gak kuat-kuat amat posisi gw. (Ini apa lagi?! again asal nulis pasti). HP gw kayaknya gak berhenti bunyi. Bukan alarm lho! (ya iya lah...) Gw sendiri gak keluar-keluar dari arena kampus. Jadi gak tau sendiri gmn situasi di luar. dan begitu gw keluar buat kasih ticket ke seseorang, gw baru tau kalo antrian di luar udah kayak antrian apa aja. (ya apa donk?!). Yang terparah yang gw alamin hari itu adalah sekitar jam 15.45. Temen gw dari kampus lain yang berinisial W dateng bersama temen gw yang berinisial Z. Gw dah janji ma mereka supaya mereka bisa masuk. Jadi pas mereka bilang kalo mereka sama sekali susah nembus para polisi penjaga, gw keluar. Dan...gw gak bisa masuk lagi! Polisi bilang kapasitas di lapangan sudah mencapai batas maksimum, 5000 orang. Sehingga dengan alasan apa pun, semua tidak diperkenankan masuk. Gw sempet bilang ma polisi kalo gw mau nari jam 17. Mereka malah bilang "kenapa lo baru dateng?" Dalam hati gw bilang "suka-suka gw lah!" Eh, qo gw jadi sewot yah? :-D Gw bilang kalo gw presiden Zemlyachestvo Indonesia, mereka gak mau terima juga. Akhirnya gw telp direktur interklub. Beliau emang top abis deh. Gw bisa masuk dengan leluasa :-D Pake bawa W dan Z lagi, huehehehehehe.Tapi gw juga beban, pas tau kalo ada sekitar 6 orang Indo gak bisa masuk. Mereka ni kerja di KBRI. Pusinglah gw. Dan bener aja, jam 24 gw di SMS di suruh ngadep ke salah satu diplomat buat ngasih penjelasan. Susah-susah senang deh perasaan gw sekarang. Let see apa yang akan terjadi dengan gw di hari senin. Hm...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home